Sabtu, Agustus 22, 2009

PLAN YOUR LIFE

Rancanglah hidupmu mulai dari 1 detik ke depan, 1 menit ke depan, 1 jam ke depan, 1 hari ke depan, 1 minggu ke depan, 1 bulan ke depan bahkan 1 tahun ke depan dan seterusnya..mungkin ini adalah kalimat yang biasa tetapi bagi saya ini adalah sebuah kalimat yang mempunyai nilai motivasi yang coba dituliskan stelah membaca dan mencari inspirasi.
Sering kali kita sebagai hamba Allah hanya menjalani hidup seperti air mengalir, ya jadinya kita juga masih belum tahu..nanti kalau kembali kepada Allah Azza wa jalla mau kaya mana ya? Udah cukup belum ya amalan saya??..seperti teman saya ketika ditanya sebuah pertanyaan sederhana seperti ini “setelah selesai kuliah loe mau kemana? Mmhh,,kemana ya..gak tahulah lihat aja ntar..” atau bahkan ada yang ditanya “hari minggu besok loe mau kemana????di kosan aja..kalo gak tidur ya nonton TV” masih bagus sih…direncanaanin tapi kan gak keren banget..saya jadi teringat…sebuah buku yang saya baca gratisan di salah satu toko buku ternama di Bogor, buku ini ditulis oleh alumni IPB sekaligus seorang motivator.judulnya lupa tapi yang jelas motivasi githu..ada sebuah bab yang ketika sang penulis masih kecil..ayahnya bercerita kepadanya..ndok (begitulah kira-kira pangglian ke yang lebih muda dalam bahasa jawa)..”kamu tahu bedanya kerang di pasar dan kerang mutiara??? tidak “sang anak berkata”…kamu mau tahu???..ya mau..
’sang ayahpun bercerita”: suatu hari ada anak kerang yang menangis kesakitan..sangat-sangat sakit sampai-sampai tidak mau makan…lalu si anak kerang mengadu kepada ibunya…ibu…ibu…sakit sekali..sakit sekali..sabar yach nak “ucap sang ibu” pasir yang masuk ke dalam tubuh ini nanti juga akan hilang…jadi kamu sbar aja yach. Ternyata yang membuat sakit sang anak kerang itu adalah pasir-pasir yang masuk ke dalam tubuhnya..namun setelah bergnati hari, minggu, bulan muncullah mutiara di dalam tubuh anak kerang tersebut..lalu kemudian kerang tersebut akan diambil oleh petani untuk diambil mutiaranya dan dijual dengan harga yang mahal, sangat berbeda dengan kerang yang tidak menghasilkan mutiara hanya akan dijual di pasaran dengan harga yang murah..”lalu sang bapak pun mengelus ubun-ubun sang anak dan berkata”: meskipun kita adalah orang miskin yang tinggal di tengah hutan, tapi jangan biarkan mimpi-mimpi kita untuk menjadi orang besar dihalangi oleh keadaan kita sekarang..jangan pernah mundur untuk menggapai cita-citamu” lalu sang anakpun mengangguk dan tersenyum..
Semenjak hari itu dia tidak pernah menyerah dan tidak mudah dipatahkan mimpi-mimpinya uintuk mencapai cita-citanya menjadi seorang unsinyur pertanian..
Lain halnya dengan sebuah judul lagi yang saya baca dari buku tersebut, kalau tidak salah bab tersebut berjudul..mmmhhhh..yang jelas isinya ini mengenai seorang yang bila punya keinginan kuat akan mendapatkan apa yang dia mau.
Begini isi bukunya: sang penulis buku tersebut menuliskan pada tahun 90an, dia melihat televisi yang sedang memutarkan keindahan negara hongkong..secara sengaja dia ucapkan dengan mulutnya dan ditanamkan di hatinya bahwa suatu saat dia akan pergi ke negara tersebut dan hasil setelah tahun berganti tahun diapun diundang untuk mengisi pelatihan di negara tersebut. Subhanallah…impiannya terkabul.
Seorang kakak kelas saya pernah berkata, kita itu harusnya membuat planning hidup mulai dari hari ini, besok, lusa, minggu depan, bulan depan dan seterusnya supaya kita punya targetan-targetan dalam hidup. Misal: kapan kita akan lulus, kapan kita bekerja dan berapa lama waktu yang kita perlukan untuk menjadi sukses, sampai-sampai kapan juga kita mau mencari pujaan hati. Jadi sudahkah kita membuat rencana-rencana hidup kita hingga akhir aya hidup kita, jika belum maka cobalah mulai dari sekarang ya.
"Dipindah dari blog lama"

Tidak ada komentar: