Sabtu, Maret 24, 2012

Bagaimana mewujudkan Indonesia unggul ?



Saya ingin sedikit napak tilas pada peristiwa besar yang telah terjadi dengan bangsa ini pada bulan Ramadhan. Pada tahun 1945 yang lalu masih ingat di benak kita dari guru-guru kita yang menceritakan dengan semangat membara bagaimana perjuangan dan kemerdekaan ini mampu diraih. Proklamasi kemerdekaan Indonesia yang terjadi pada bulan Ramadhan. Tapi guru-guru kita sering kali lupa menceritakan bahwa 1945 itu bertepatan dengan 9 Ramadhan, Karena ini adalah 10 hari pertama bulan Ramadhan atau disebut juga bulan Rahmat hal ini diabadikan dalam Pembukaan UUD 1945 dalam kalimat “Atas berkat Rahmat Allah Yang Maha Kuasa...”

Oleh karena itu, harus kita ketahui Indonesia kita merdeka dengan penuh kerberkahan dan negara palestina yang terjajah oleh zionis Israel sampai hari ini adalah negara Islam pertama yang mengakui kemerdekan Indonesia dan ikut memberikan bantuan di awal kemerdekaan.
Sejak 1945 itu sudah 66 tahun lamanya negara ini merdeka dari penjajahan secara kasat mata dan jika kita bandingkan dengan negara amerika yang telah merdeka 235 tahun lamanya. Kurang lebih kemerdekaan Indonesia baru hanya ¼ dari kemerdekaan Amerika yang hari ini menjadi negara adikuasa dengan dolarnya yang menguasai perdagangan internasional sebagai transaksi.

Amerika sempat menjadi pusat peradaban dunia, jika boleh dikatakan seperti itu. Perkembangan dan penemuan-penemuan tidak sedikit yang telah ditemukan di amerika hampir di semua aspek industri dan saat itu Amerika benar-benar sangat maju. Kalau kita perhatikan sejarah dari Amerika, ternyata Amerika adalah tempat orang-orang yang terbuang yang berharap ada kehidupan yang lebih baik disana bahkan hampir semua suku bangsa ada disana, tapi inilah yang mungkin menjadi kelebihannya sehingga Albert Enstein menjadi salah satu ikon dari ilmuan ternama yang berasal dari Yahudi Jerman berkembang pesat ketika di Amerika.

Bapak Anies Baswedan, PhD pernah berkata permasalahan bangsa kita ini yang paling mendasar adalah pada pendidikan, penjajahan yang dilakukan Belanda tidak kurang dari 3,5 abad lamanya tidak memberikan kesempatan kepada penduduk pribumi untuk mengenyam pendidikan lebih baik. Oleh karena itu, untuk mewujudkan Indonesia yang unggul maka permasalahan mendasar adalah pada pendidikannya bukan pada sistem pendidikannya tapi tentang potensi-potensi untuk mengeyam pendidikan setinggi mungkin untuk seluruh anak-anak Indonesia dari kota Megapolitan sampai Desa dengan keterbatasan akses menuju pendidikan berkualitas sampai negara Amerika dan Eropa untuk belajar.

Indonesia yang unggul tidak lepas dari Ilmuwan-ilmuwan terbaik dari putera-puteri terbaik dari bangsa ini. Untuk mewujudkan Indonesia unggul itu sangatlah harus didorong untuk mengalokasikan anggaran riset dan penelitian paling tidak 10% dari APBN, memompa semangat Perguruan-perguruan Tinggi terbaik di tanah air untuk melakukan penemuan-penemuan dan memudahkan proses hak patennya.
Indonesia yang unggulpun tidak lepas dari Ekonominya, hari ini Ekonomi Neolib menemui kehancurannya dan Amerikapun menjadi contoh dari kehancuran sistem ekonomi tersebut. Seharusnya pulalah tidak ada harapan untuk sistem ekonomi seperti ini di tanah air kita. Ekonomi Syariah dan Ekonomi Nusantara menjadi perpaduan sistem yang sedang berkembang saat ini dan terbukti mampu menaikkan GDP negara kita sedikit demi sedikit.

Namun, dari itu semua yang paling penting dan mendasar untuk mewujudkan Indonesia unggul adalah kesadaran para pemuda untuk mulai “Think Big, Do Now, Do Small” -Gita Wirjawan- (Kepala Badan Kordinasi Penanaman Modal Indonesia) Hal inilah yang harus mulai disosialisasikan kepada seluruh pemuda Indonesia, mengajak mereka untuk menjadi inspirasi dan berani berbuat untuk bangsa ini mulai dari sekarang, mulai dari hal-hal yang paling kecil. Saya berkeyakinan untuk menjadikan Indonesia unggul, seluruh pemuda bangsa ini yang berada di kampus-kampus terbaik harus disatukan untuk membahas masa depan Indonesia, hal-hal yang bisa dilakukan meski kecil tapi berdampak besar walau bukan hari ini dampaknya akan terlihat.

Di bulan Ramadhan yang berada di bulan Agustus ini adalah saat yang paling tepat untuk memulai memikirkan dan bertindak untuk negeri kita tercinta untuk mewujudkan Indonesia yang besar dan cita-cita besarnya adalah “Indonesian Will be Next Center Of Civilization Of The World “. Semoga...

*Sebuah tulisan tentang pemikiran Bagaimana mewujudkan Indonesia Unggul dalam mengikuti seleksi Local Representative Forum For Indonesia tahun 2011* (Walau Hanya sampai tahap Final saja)

1 komentar:

sisiungu mengatakan...

nice post, brother..

hal lainnya yg mesti ada adl mempunyai daya kelola terhadap kemampuan yg kita miliki itu sendiri :)