Rabu, Juli 06, 2011

Melangkah Ke Kampus Ganesha....

Jalan-jalan ke kampus ITB tak pernah saya bayangkan terlebih jalan-jalan ke sana bukanlah “Jalan-Jalan Biasa”. Jauh-jauh pula dari Bogor menuju Bandung, 3 jam lama perjalanan sampai ke terminal leuwi Panjang belum lagi berganti kendaraan yang dinamakan Bus Damri menuju kampus ITB tepatnya dipemberhentian jalan Ganesha.
Saya juga melakukan napak tilas perjalanan “Sekolahnya” salah satu idola saya Pak Habibie. Sebenarnya di salah satu acara di Tvone “Nostalgia”. Ketika itu ditayangkan napak tilasnya Pak Habibie dimulai dari SMAnya di Dago, memasuki gerbang kuliah di kampu ITB kemudian menuju Jerman.
Dari bis Damri tersebut, saya melewati SMAnya Pak Habibie dulu di Dago tak jauh dari sana tibalah saya di kampus ITB. Sekelebat perjalanan Pak Habibie di acara tersebut memasuki ingatan saya kembali. Alhamdulillah saya bisa melihat lebih dekat perjalanan idola saya.
Kesempatan itu datang melalui teman saya lewat Facebook, beliau bilang ada acara “StudentsxCEOs Summit 2011” kemudian saya browsing. Setelah melihat CEO-CEO yang akan hadir yang juga saya kagumi “Sandiago Uno” dan “Hasnul Suhaimi”. Sayapun terpikat untuk ikut acara ini. Sampailah saya pada salah satu cara untuk ikut acara ini, yaitu dengan mengirim ide bisnis atau ide sosial.
Harga tiket resmi untuk ikut acara tersebut Rp 200.000, cukup mahal memang tapi kalau teman-teman ITB yang buat acaranya saya yakin cukup sebanding dengan kualitas acaranya. Finally, saya bilang sama teman saya yang memberi info itu bahwa saya akan ikut lomba ide bisnisnya. Bodo amat mau menang atau kalah pikir saya. Bukankah keberuntungan itu karena ada kesempatan dan usaha. Kesempatan di depan mata, saya cuma harus berusaha toh...!!!
Akhirnya sehari penuh sebelum mengirimkan ide tersebut, saya melakukan riset melalui Prof. Google. Setelah diskusi cukup lama dengan Prof. Google dan bertanya pada beberapa kakak kelas akhirnya saya putuskan untuk mengirmkan ide bisnis dengan judul “Biofuel dari Minyak Jelantah”, dasar yang saya ambil adalah Go Green Business dan Ide bisnis pun terkirim melalui email di detik-detik terakhir menjelang penutupan pengiriman ke panitia.
Menunggu dan terus memantau... Akhirnya, saat sedang iseng browsing di rumah ketika minggu sore itu. Tertetalah nama saya “47. Arys Agusman-Bioeful dari Minyak Jelantah” dan saya masuk “Top 50 Submission Ideas” padahal sebelumnya di wall yang dibuat panitia saya bilang “Hopefully, I am one of them” dan alhamdulillah saya memang salah satu dari mereka, 50 besar itu.
Menutup tulisan ini... Sebenarnya banyak hal yang saya pelajari dan setelah saya renungkan summit di ITB ada kaitannya dengan seminar di UI oleh Prof. Subroto, Prof. Emil Salim dan lainnya yaitu mengentaskan kemiskinan di Indonesia melalui lembaga keuangan mikro. Ah, jadi terpikir oleh saya next step nanti saya akan buat perusahaan keuangan berbasis pemberdayaan masyrakat miskin agar Indonesia Tanpa Kemiskinan. Tapi satu hal yang juga membuat saya senang saya bisa berkenalan dengan banyak orang disana, para pemuda, mahasiswa yang mempunyai impian-impian besar, ide-ide hebat juga kreatif.

Tidak ada komentar: